Kamis, 12 November 2015

latihan membuat database

"Membuat Database Dengan Menggunakan CMD"

langkah pertama yang kita lakukan adalah mengaktifkan Xampp dan membuka CMD
Selanjutnya saya masuk ke database dengan cara,
Setelah itu saya tampilkan menu database dengan cara mengetik show databases;

Karena sudah ada tabel akademik, saya hapus tabel akademik agar supaya tidak akan terjadi redudansi, cara menghapusnya ketik, drop database akademik;
setelah itu saya ketik kembali show database untuk mengecek kembali database kembali terhapus atau tidak.
Kemudian saya buat database akademik caranya ketik create database akademik;
Setelah setelah itu saya masuk ke-database akademik dengan cara ketik use akademik;
Setelah masuk ke database akademik, kita buat tabel mahasiswa caranya,
Kemudian kita lihat kerangkah tabel, untuk memastikan tabel mahasiswa berhasil dibuat atau tidak caranya ketik desc mahasiswa;
Setelah itu kita sisipkan sebuah kolom baru bernama Telp dengan varchar (15) caranya,
Setelah itu kita lihat kerangkah tabel, untuk memastikan kolom Telp berhasil dibuat atau tidak caranya sama seperti dengan yang tadi
Setelah itu kita cek tabel akademik caranya ketik show tables;
Kemudian kita buat Tabel anggota, Tabel buku, dan Tabel Peminjaman caranya sama seperti yang tadi,



Setelah itu kita lihat kerangka tabel anggota, tabel buku, dan tabel peminjaman dengan cara desc (Nama tabel);
Kemudian kita tambahkan data baru untuk tiap-tiap tabel, baik itu tabel anggota, tabel buku, maupun tabel peminjaman. caranya :


Setelah itu kita tampilkan seluru data pada tabel, baik itu tabel anggota, tabel buku, maupun tabel peminjaman. caranya ketik select * from (Nama Tabel);

Selesai...

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers