Sabtu, 10 Oktober 2015

Laporan kalende, kartun, dan karikatur

Laporan Pembuatan Kalender

Langkah pertama yang saya lakukan adalah membuka aplikasi photoshop.
Setelah itu kita buat ukuran kalender sesuai dengan ukuran yang ditentukan, dengan menggunakan salah satu menu toolbar yaitu file, cara pembuatanya klik file, -> new, -> lalu buat ukurannya dan terakhir klik ok.
Kemudian kita buat background dengan menggunakan paint bucket tool, dan kita tambahkan efek gradient overlay.
Setelah itu kita tambahkan layer, lalu kita tambahkan gambar yang saya ambil dari file saya, untuk menghiasi gambar kalender.
Kemudian saya buat kalender dengan membuka page yang baru, caranya sama seperti dengan cara yang pertama tadi, klik file -> new.

Pertama saya gunakan rounded rectangle tool kegunaannya untuk membuat luas ukuran kalender, dan setelah itu saya gunakan rulers untuk membuat garis, kegunaannya agar supaya desain yang saya buat akan terlihat lebih rapi.
Kemudian saya gunakan horizontal type tool untuk membuat huruf dan angka untuk pembuatan kalender, setelah selesai saya gabungkan gambar kalender dengan page yang pertama.
Setelah itu saya kembali menggunakan horizontal type tool untuk menghiasi gambar kalender
dan terakhir saya tambahkan logo politeknik gorontalo.

\



Laporan Pembuatan gambar kartun 

langkah pertama yang saya lalukan adalah membuka aplikasi photoshop

Setelah itu saya buat ukuran gambar dengan menggunakan file -> new lalu kita buat ukuran sesuai dengan keinginan anda

Kemudian kita buat layer baru, lalu kita buat lingkaran besar dengan menggunakan ellips tool.

Setelah itu kita buat lingkaran yang lebih kecil dari yang pertama, agar supaya lingkaran terlihat lebih bulat pada saat buat lingkaran kita harus menekan tombol Shift.
Setelah terbentuk sebuah lingkaran kecil sekarang kita duplikasi gambar bulatan kecil tadi dengan menggunakan direct selection tool. klik lingkaran kecilnya sambil menekan tombol ALT (untuk menduplikatnya) dan tombol shift (untuk memudahkan kita menggeser, supaya nantinya sejajar dengan lingkaran pertama) geser lingkaran kekanan.

kemudian kita select semua lingkaran path selection tool sambil tekan tombol shift dan klik combine.


Setelah itu klik kanan gambar yang barusan dicombine, tekan make selection, -> feather radius 0 pixel, lalu klik ok.

Kemudian kita buat layer baru klik edit  -> stroke.

Kemudian klik select -> invers dengan menggunakan paint bucket tool sesuai dengan keinginan anda.

Setelah itu kita buat lingkaran lagi didalam gambar dengan menggunakan ellips tool, setelah itu kita duplikasi gambar lingkarannya lalu geser kekanan. caranya seperti yang tadi.
Kemudian select kedua matanya dengan menggunakan path selection tool, klik kanan -> make selection feather radius 0.

Setelah itu masih dalam keadaan terseleksi, kita buat layer baru, lalu klik edit -> fill warnai dengan putih.
Kemudian kita buat layer baru lalu klik kanan dilayer yang barusan dipalette -> blending options.

Setelah itu kita buat lagi lingkaran didalam mata sebagai warna  sebagai warna hitamnya caranya sama seperti yang pertama.

Kemudian saya gunakan pen tool untuk membuat mulut, lalu gunakan path selection tool -> klik kanan, -> make selection, lalu buat layer baru lagi, klik edit, -> fill. setelah itu warnai dengan warna hitam.

Setelah itu kita buat layer baru, lalu buat kotak dengan menggunakan rectangle tool warnai dengan warna kesukaan anda, lalu buat lagi kotak ukuran kecil dengan menggunakan rectangle tool pada bagian dalam kotak.
Kemudian kita tambahkan teks horizontal type tool, dan select dua rounded rectangle tool dengan path selection tool, -> klik kanan, make selection.

Setelah itu saya gunakan move tool untuk mengubah bentuk/rotasi dari kotak yang dibuat tadi.




Laporan Untuk Membuat Karikatur

Langkah pertama yang saya lakukan adalah membuka aplikasi photoshop.

Setelah itu kita ambil gambar yang akan kita desain, dan tempelkan diphotoshop.

Kemudian tekan Ctrl + J untuk menduplikasi layer/gambar yang sudah ditempelkan tadi.

Setelah itu kita gunakan pen tool untuk membuat path disekitar objek, setelah selesai menandai daerah yang akan diseleksi, sekarang kita gunakan direct selection tool, untuk menyeleksi bagian yang akan diseleksi. caranya klik kanan untuk bagian yang akan diseleksi, lalu pilih make selection, dengan feather radius 0, lalu klik ok.


Kemudian kita klik select yang ada ditoolbar, -> invers, -> dan tekan tombol delete, jadinya gambar backgroundnya akan hilang.


Setelah itu kita duplikasi layer background dengan menekan Ctrl + J kemudian kita pindahkan layer yang dicopy tadi ketempat paling atas dan  matikan layer, lalu klik layer background, dan tekan Ctrl + backspace.

Kemudian kita duplikasi layer 1 lalu kita setting brightnees contrasnya, carauntuk setting brightnees contrast, kita pilih menu image -> adjustments -> dan klik brightnees contrasnya. setelah itu kita atur kecerahannya sesuai dengan keinginan anda lalu klik ok.


Setelah itu kita duplikasi layer 1 copy, kita ubah dulu warna foreground color menjadi warna hitam dan backgroundnya menjadi warna putih, kemudian kita klik layer 1 copy lalu pilih filter -> sketch -> stamp, lalu klik ok.


Setelah itu kita atur layer 1copy 2 sama seperti cara yang pertama tadi.


Sekarang tukar posisi layer 1 copy 2 dengan layer yang ada dibawahnya, dan pastikan layer foto bayangan putih masih dalam keadaan terseleksi.

Setelah itu klik create new fill dilayer pallete -> solid color, lalu atur warna sesuai dengan keinginan anda.

Kemudian klik layer 1 copy, dan ubah layer efeknya menjadi multiply.

Setelah itu kita buat highlight atau garis - garis mukanya biar kelihatan lebih real.
Ubah posisi layer 1 atau layer foto transparan menjadi diatas, berikut klik filter -> blur -> Gaussian blur, lalu atur radius sesuai dengan keinginan anda, lalu klik ok.


Kemudian klik filter -> artistic -> cutout -> dan klik ok. setelah itu layer efek kita ganti multiply dan opacity 50%.


Kemudian kita buat layer baru, lalu kita gunakan brush tool, tapi sebelum itu kita ubah warna menjadi warna merah, setelah itu kita gunakan brush tool untuk mewarnai bibirnya, setelah diwarnai kita kurangi opacitynya agar supaya bisa menyatuh dengan gambarnya.






0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers