Sabtu, 26 Desember 2015

Laporan Tugas Besar Menggunakan Aplikasi Photoshop Dan Coreldraw

LAPORAN TUGAS BESAR DESAIN GRAFIS DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI COREL DRAW DAN PHOTOSHOP
Untuk laporan tugas Besar Semester ini khususnya mata kuliah “Desain Grafis” kami ditugaskan untuk membuat sebuah gambar anime dengan menggunakan aplikasi corel draw dan photoshop.
Pada awal kita masuk semester 1 kita telah ditugaskan untuk membuat sebuah desain dengan menggunakan photoshop. Pertama kali saya belajar mendesain dengan menggunakan photoshop saya merasa tidak tau apa yang akan saya lakukan agar desain saya menjadi yang terbaik. Dan setelah saya belajar dengan giat dan mencoba memahami tool-tool yang ada di photoshop,  akhirnya saya bisa melakukan itu. Begitu juga dengan aplikasi corel draw.
Dan sekarang ini saya akan membuktikan bahwa saya sudah bisa melakukan itu.
Kali ini saya akan mengkolaborasikan kedua aplikasi  baik itu coreldraw maupun photoshop desain yang akan saya buat yaitu membuat gambar anime dengan menggunakan coreldraw dan efeknya menggunakan photoshop.
Langkah pertama yang saya lakukan adalah membuka aplikasi corel draw untuk membuat anime.
C:\Users\Aras\Documents\Tugas semester 1\Desain Grafis\Coreldraw\laporan3\0.1.png
Setelah itu kita buat ukuran lembar kerja , bagian pertama yang saya kerjakan adalah bagian dari kepalah, tool yang saya gunakan adalah Bezier tool dan shape tool.
C:\Users\Aras\Documents\Tugas semester 1\Desain Grafis\Tugas Besar Corel dan Photoshop\capture tugas besar\1.png
Pada saat saya membuat kepalah tingkat kesulitan saya sangat rumit karena pada gambar kepalah ada bagian – bagian yang harus anda perhatikan salah satunya bentuk wajah, kenapa wajah karena bentuk raut wajah itu bisa mengekspresikan emosinya…
Setelah itu kita buat bagian tubuh dari anime tersebut, tool yang digunakan masih sama seperti yang tadi.
C:\Users\Aras\Documents\Tugas semester 1\Desain Grafis\Tugas Besar Corel dan Photoshop\capture tugas besar\2.pngC:\Users\Aras\Documents\Tugas semester 1\Desain Grafis\Tugas Besar Corel dan Photoshop\capture tugas besar\3.png
Untuk bagian tubuhnya saya gunakan costum atau pakian yang berasaldari negara jepang. Kenapa saya gunakan pakaian yang berasal dari jepang karena bentuk dari anime yang saya buat ini karakternya adalah seorang samurai yang membasmi iblis.
Kemudian saya buat samurai dengan menggunakan masih dengan tool yang sama yaitu Bezier dan shape tool.
C:\Users\Aras\Documents\Tugas semester 1\Desain Grafis\Tugas Besar Corel dan Photoshop\capture tugas besar\4.png
Gambar samurai ini tingkat kesulitannya sengaja saya buat tidak terlalu rumit karena sebentar, gambar pedang ini akan saya beri efek agar terlihat lebih indah. Kegunaan dari pedang ini seperti yang saya bilang tadi adalah sebagai pedang pembasmi iblis.
Kemudian kita lanjut kelangkah selanjutnya yaitu menggabungkan seluruh bagian dari tubuh anime tersebut.
C:\Users\Aras\Documents\Tugas semester 1\Desain Grafis\Tugas Besar Corel dan Photoshop\capture tugas besar\5.png
Setelah itu kita warnai gambar anime tersebut dengan warna yang menurut saya cocok dengan karakter seorang samurai.
C:\Users\Aras\Documents\Tugas semester 1\Desain Grafis\Tugas Besar Corel dan Photoshop\capture tugas besar\Capture6.PNG
Sengaja saya memili warna ini karena menurut saya warna ini sangat cocok untuk seorang samurai, untuk bagian laur jas saya warnai dengan warna biru tua, lalu untuk bagian dalam dari jas saya warnai dengan warna merah.
Untuk bagian dada dari samurai sengaja saya buat terbuka agar supaya karakter dari seoerang samurai akan terlihat. alasannya karena dibagian dada saya buat perban, Anggap saja itu adalah luka dari karakter seorang samurai…..     hehehe….^,^
Setelah itu kita buat gambar efeknya dari pedang.
C:\Users\Aras\Documents\Tugas semester 1\Desain Grafis\Tugas Besar Corel dan Photoshop\capture tugas besar\Capture8.PNG
Tool yang saya gunakan untuk membuat efek yaitu Bezier dan shape tool. Tingkat kesulitan pada gambar ini bukan terletak pada pada bentuknya, tapi terletak pada imajinasi seorang yang mendesain.
Setelah itu kita beri warna gambar efeknya.
C:\Users\Aras\Documents\Tugas semester 1\Desain Grafis\Tugas Besar Corel dan Photoshop\capture tugas besar\Capture7.PNG

Dan ini adalah gambar yang sudah saya beri warna, alasan saya memberikan efek pada gambar pedang yaitu yang pertama agar supaya gambarnya akan kelihatan keren, dan yang kedua saya sesuaikan dengan karakter seorang anime.
Setelah itu kita ekspor gambar animenya menjadi file JPG.
Dan sekang kita masuk pada aplikasi yang berikutnya unttuk pembuatan efek aplikasinya yaitu photoshop. Langkah pertama yang saya lakukan adalah membuka aplikasi photoshop.
Setelah itu saya ambil gambar efek pedang dan gambar anime yang sudah menjadi file JPG lalu saya tempelkan di photoshop.
C:\Users\Aras\Documents\Tugas semester 1\Desain Grafis\Tugas Besar Corel dan Photoshop\capture tugas besar\9.png
 
Langkah selanjutnya saya ubah warna dari efek pedang menjadi warna yang ada dibawah ini
C:\Users\Aras\Documents\Tugas semester 1\Desain Grafis\Tugas Besar Corel dan Photoshop\capture tugas besar\10.png
Caranya pertama kita pilih dulu layer yang ada gambar pedang lalu kita ubah calornya menjadi exclusion kenapa saya ubah warna efek pedangnya alasannya karena pada saat saya merubahnya aura pedang yang dipegang oleh seorang samurai itu warnanya kelihatan keren.
Langkah selanjutnya kita gunakan brush tool dan smudge
C:\Users\Aras\Documents\Tugas semester 1\Desain Grafis\Tugas Besar Corel dan Photoshop\capture tugas besar\11.png
Alasan saya menggunakan brush dan smudge adalah untuk membuat efek pada seorang samurai. Cara membuatnya pertama kita gunakan brush tool lalu garis didekat bagian gambar anime agar lebih mudah kita matikan dulu layer dari gambar anime, setelah selesai menggunakan brush sekarang kita gunakan smudge cara kerjanya mudah, kita hanya perlu menarik bagian garis yang di buat tadi, lalu bentuk sesuai imajinasi anda.
Untuk mengecek gambar efeknya cocok atau tidak, kita nyalakan layer dari gambar anime yang telah dimatikan tadi.
C:\Users\Aras\Documents\Tugas semester 1\Desain Grafis\Tugas Besar Corel dan Photoshop\capture tugas besar\12.png
Agar supaya gambarnya akan terlihat menarik kita tambahkan gambar untuk menghiasi gambar backgroundnya.
C:\Users\Aras\Documents\Tugas semester 1\Desain Grafis\Tugas Besar Corel dan Photoshop\capture tugas besar\13.png
Setelah itu saya saya tambahkan lagi gambar berikutnya.
C:\Users\Aras\Documents\Tugas semester 1\Desain Grafis\Tugas Besar Corel dan Photoshop\capture tugas besar\14.png
Alasan saya menambahkan efek ini agar supaya gambarnya akan terlihat lebih menarik. Alasan saya meletakkan gambarnya dibagian bawah karena, agar supaya aura seorang samurai itu akan hidup.
Dan kalau seandainya warnanya kurang cocok kita ubah warna dari gambar tersebut dengan warna yang menurut anda sempurna.
Dan hasilnya :
C:\Users\Aras\Documents\Tugas semester 1\Desain Grafis\Tugas Besar Corel dan Photoshop\capture tugas besar\Tugas Besar1.jpg

“SELAMAT MENCOBA”

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers